Home Insani Sabar

Sabar

115
0
SHARE
sabar

Bersabarlah. Berapa kali kita mendengar kata-kata nasihat untuk bersabar, manakala marah atau ditimpa masalah. Dan apa yang kita lakukan? Alih-alih bersabar dan istighfar, kita malah makin tidak sabar dan bertambah marah/kesal. Kenapa? Kita memarahi orang yang menyuruh kita untuk bersabar. Kita anggap dia sedang meledek kita. Kita anggap seluruh dunia berkonspirasi untuk menjatuhkan dan merendahkan kita, manakala kita diminta untuk bersabar. Berapa banyak yang kemudian tersadar, istighfar, kemudian bersabar?

Semua itu sudah ketentuan Allah SWT. Kalau keinginan kita terpenuhi, ya Alhamdulillah. Kalau tidak terpenuhi? Ya sabar saja dulu. Mungkin lain waktu akan terpenuhi.

Berapa banyak orang yang terjungkal nasibnya karena tidak sabar? Berapa banyak kerugian yang bertambah kita keluarkan justru karena kita tidak sabar dan makin tidak sabar? Sabar saja. Sabar itu bagaikan menanti datangnya mentari di saat tengah malam yang gelap gulita. Ia akan datang cepat atau lambat, hanya soal waktu dan kesabaran kita dalam menunggunya.

Lalu apa yang perlu kita lakukan selama masa menunggu itu? Apakah kita hanya duduk diam berpangku tangan, ongkang-ongkang kaki, atau menunggu dalam kegelisahan?

Tentu tidak demikian. Kita menunggu dengan kesabaran dan keikhlasan dalam berbuat. Memperbaiki diri, memantaskan diri supaya siap dalam memikul beban dan amanah di masa yang akan datang. Kita tidak akan pernah tahu rizki itu datangnya dari mana. Yang perlu kita tahu adalah bahwa saat rizki itu datang, kita telah siap untuk menjemputnya, dan tidak berlalu begitu saja.

Kesabaran akan menuai hasil pada saatnya. Hanya orang yang sabar dan tekun dalam berusaha akan dapat melihat hasil dari buah kesabaran jika saatnya tiba. Insya Allah.

Wikan Danar Sunindyo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here