Home Insani Jangan (Terlalu Banyak) Menyesal

Jangan (Terlalu Banyak) Menyesal

128
0
SHARE
menyesal tiada guna

Seburuk apapun masa lalu kita, jangan terlalu khawatir, masa depan kita masih bersih. Jangan terlalu menyesal, terbelenggu atas kesalahan di masa lalu, menganggap diri sendiri penuh dengan dosa dan maksiat, sehingga tidak bisa dan tidak berani untuk beranjak dari keburukan yang telah dilakukan di masa-masa sebelumnya.

Ikhlaslah dan bertaubatlah. Mau sampai kapan kita akan berada dalam keburukan dan bergelimang dosa? Asyik berbangga-bangga dengan kesalahan dan dosa yang menumpuk-numpuk? Sudahi saja.

Mau taubat, tapi bingung dosanya sudah terlalu banyak, lalu bagaimana? Lha Allah sendiri Maha Penerima Taubat kok. Jadi don’t worry, jangan terlalu khawatir kalau taubatnya tidak diterima dan dosa dosanya tidak diampuni Allah SWT.

Juga tidak usah terlalu berlebihan dalam menyesal. Menyesal secukupnya. Apa yang lalu biarlah berlalu, tidak usah diulangi lagi, tidak usah terlalu sering diungkit-ungkit yang menyebabkan kita tidak bisa keluar dari lingkaran permasalahan di masa lalu.

Fokus pada perbaikan di masa kini. Jika ada yang mengungkit-ungkit masa lalu kita yang buruk, tinggalkan saja. Tidak ada gunanya untuk membicarakan hal yang buruk di masa lalu.

Ikhlaslah. Apapun yang terjadi di masa lalu sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Kalau kita bertaubat dengan bersungguh-sungguh dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, justru bisa membuat diri kita menjadi orang yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Wikan Danar Sunindyo

SHARE
Previous articleSabar
Next articleMembangun Kultur Kualitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here